::Selamat Datang di 9H Spensa Palu::9H[INFO]Olimpiade Sains tingkat Nasional (OSN) SMP akan diselenggarakan di Palu, dan untuk mata pelajaran IPA akan dipusatkan di SMPN 1 Palu9H[INFO]Pengumuman Kelulusan dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 20159HWebsite Sekolah : http://www.SMPN1Palu.sch.id9H Mohon Maaf Atas Ketidaknyamanan saat mengunjungi blog kami, karena masih adanya perbaikan blog 9HKritik dan Saran sangat dibutuhkan, mohon untuk mengisi kritik dan saran anda melalui kotak yang telah tersedia pada blog ini 9H Follow : @9HSpensapalu

Kamis, 16 Januari 2014

SMPN 1 Palu, Sekolah Adiwiyata Provinsi Tahun 2013

DSC02938
Lahirnya kesepakatan bersama antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dengan Menteri Pendidikan Nasional (sekarang Mendikbud), Nomor : 03/MENLH/02/2010 dan 01/II/KB/2010 Tentang Pendidikan Lingkungan Hidup, mendorong seluruh sekolah di Indonesia untuk mengakomodir dan melaksanakan pendidikan tersebut dalam berbagai model kegiatan.  Hal tersebut tentunya tidak lepas dari tujuan yang ingin dicapai dari kesepakatan itu, yakni (a) menumbuhkan dan mengembangkan pengetahuan, nilai, sikap, perilaku, dan wawasan, serta kepedulian lingkungan hidup peserta didik dan masyarakat (b) meningkatkan mutu sumber daya manusia sebagai pelaksana pembangunan berkelanjutan dan pelestarian fungsi lingkungan hidup.
Pendidikan lingkungan hidup yang diwujudkan dalam materi lingkungan hidup khususnya jalur dan jenjang pendidikan dasar dan menengah sudah menjadi tuntutan dan tertuang dalam standar kompetensi kelulusan yang menjadi prasyarat dan harus dimiliki setiap peserta didik setelah tamat dari jenjang pendidikan dasar dan menengah. Materi pendidikan lingkungan hidup mengakomodir masalah ekonomi, sosial, lingkungan hidup (ekologi) yang merupakan masalah nasional dan lokal yang harus disosialisasikan, dilaksanakan dan diselesaikan masalahnya guna mewujudkan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan.
Menyadari betapa pentingnya hal tersebut di atas, maka SMPN 1 Palu sebagai salah satu sekolah yang menjadi barometer perkembangan pendidikan di Sulawesi Tengah, telah melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan terlaksananya pendidikan lingkungan hidup. Upaya-upaya yang dimaksudkan adalah dengan mengintegrasikan materi pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran beberapa mata pelajaran yang terkait. Selain itu, kegiatan-kegiatan siswa, baik yang dilaksanakan oleh sekolah maupun yang bersifat partisipatif terhadap kegiatan di luar sekolah, diarahkan pada hal-hal yang terkait dengan masalah-masalah lingkungan. Dapat dicontohkan misalnya karya ilmiah sanitasi, lomba pidato bahasa Inggris yang bertema lingkungan, dan pengintegrasian materi lingkungan hidup pada kegiatan ekstrakurikuler.
Upaya-upaya yang dilakukan SMPN 1 Palu tersebut di atas ternyata mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Ini terbukti dengan ditetapkannya SMPN 1 Palu sebagai salah satu sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Tahun 2013 oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. Piagam yang diserahkan pada awal tahun 2014 terasa menjadi kado awal tahun spesial bagi seluruh warga SMPN 1 Palu. Kita tentu berharap agar prestasi ini dapat lebih ditingkatkan lagi, sehingga diharapkan tahun 2014 ini SMPN 1 Palu dapat meraih Adiwiyata tingkat Nasional.

sumber : SMP N 1PALU
 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015Alumni 9H Spensa Palu'15